You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ITF Sunter Gunakan Teknologi Incenerator
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

ITF Sunter Gunakan Teknologi Incinerator

Pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara akan menggunakan teknologi incinerator atau pembakaran. Teknologi ini dipilih karena banyak digunakan juga dibeberapa negara lainnya.

Kami gunakan teknologi inc nerator, teknologi pembakaran. Di dunia ini banyak teknologi, ada plasma, gasifikasi, dan lain-lain. Tapi kami harus dicari teknologi yang terbukti

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, banyak teknologi yang ditawarkan oleh perusahaan yang mengajukan proposal. Namun pihaknya tidak ingin mengambil resiko dengan menerapkan teknologi baru.

"Kami gunakan teknologi incinerator, teknologi pembakaran. Di dunia ini banyak teknologi, ada plasma, gasifikasi, dan lain-lain. Tapi kami harus dicari teknologi yang terbukti," kata Isnawa, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (16/12).

PT Jakpro Gandeng Finlandia Bangun ITF Sunter

Dia menambahkan penggunaan teknologi ini juga sudah didiskusikan dengan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT). Setidaknya ada 250 proposal yang masuk ke Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang mengajukan untuk membangun ITF. Dari jumlah tersebut kemudian disaring menjadi delapan perusahaan, kemudian menjadi lima perusahaan.

"Dari lima perusahaan ke satu ini betul-betul dengan pemilihan yang ketat. Banyak yang menawarkan teknologi, tapi kami takut karena belum banyak diterapkan di berbagai negara," ujarnya.

Sehingga untuk pembangunan ITF Sunter yang merupakan pertama kali di Jakarta, pihaknya menggandeng perusahaan yang bergerak dibidang energi asal Finlandia yakni Fortum.

"Ini kan projek untuk 20 tahun ke depan, kalau asal-asalan teknologi baru 2-3 tahun eror bahaya. Kami nggak mau sembarangan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2651 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2275 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1887 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1716 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1230 personAnita Karyati